Rabu, 29 Mei 2013

Air Terjun Way Lalaan

https://encrypted-tbn3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQ-YisNt6hioGCT5mobl3j5sH0IQA8Cob2D0lBibaB8blU1PXNf

Air Terjun Way Lalaan terletak di kaki Gunung Tanggamus dan merupakan air terjun bertingkat dengan jarak satu sama lainnya lebih kurang 200 m.  Air terjun ini  berasal dari aliran Way ((yang artinya sungai dalam bahasa Lampung) Lalaan yang bermuara ke Teluk Semangka.  Tumpahan air terjun memiliki ketinggian ± 11 m.

Air terjun ini telah di kenal sejak Tahun 1937 yaitu pada zaman pemerintahan kolonial Belanda yang telah membuat tangga semen menuju lembah air terjun.
Lokasi

Terletak di Desa Pekon Kampungbaru, Kecamatan Kotaagung Timur, Kabupaten Tanggamus, Propinsi Lampung.

Peta dan Koordinat GPS: 5° 29' 6.86" S  104° 41' 24.90" E  

Aksesbilitas

Berjarak hanya 8 Km dari Kotaagung, ibukota Pemerintahan Kabupaten Tanggamus atau 80 Km (1,5 jam) dari Kota Bandar Lampung. Untuk mencapai air terjun

ini dapat ditempuh sekitar 15 menit dengan berkendaraan pada kecepatan sedang dari Batu Keramat ke Pekon Way Lalaan. Selanjutnya masuk ± 300 m dari sisi kiri jalan raya lintas Barat Sumatera (Jalinbarsum) Bandar Lampung ke Kota Agung hingga pintu gerbang.  Dari pintu gerbang dilanjutkan dengan berjalan menuruni anak tangga menurun sepanjang 75m.

Fasilitas dan Akomodasi

Fasilitas yang tersedia yaitu shelter, mushola, kamar ganti pakaian dan pelataran parkir yang cukup luas.

Provinsi lampung mempunyai segudang wisata, selain kaya akan pesona pantainya, provinsi ini juga mempunyai beberapa objek wisata yang tidak kalah menariknya, diantaranya adalah pemandian air panas dan beberapa objek menarik lainnya. Namun pada posting ini kami akan memberikan anda sedikit wawasan mengenai sebuah air terjun yang terletak di kabupaten tanggamus. Objek wisata yang satu ini merupakan sebuah air terjun yang dapat dikatakan sebagai air terjun yang cukup tinggi, salah satunya adalah dengan ketinggian kurang lebih 30 M. Air Terjun yang sering dijuluki sebagai air terjun Way Lalaan tersebut berada tepat didekat area perkantoran Pemkab Tanggamus, jadi lokasinya sangat strategis sekali. Way Lalaan Watefall merupakan air terjun yang sudah ada sejak dahulu kala, tepatnya ketika pemeritahan bangsa Belanda, kira-kira pada tahun 1973.

Pesona yang alam dari kesejukan dan keindahan alam air terjun ini telah membawa banyak wisatawan yang berasal dari berbagai kota, khususnya kota bandar lampung. Beberapa fasilitas yang tersedia di objek wisata adalah berupa mushola, kamar ganti, taman rekreasi, tempat parkir.
Jadi bagi anda yang menginginkan nuansa pedesaan dengan kesejukan alaminya dapat segera mengunjungi air terjun yang berlokasi di kabupaten tanggamus ini.
Air Terjun Way Lalaan merupakan air terjun bertingkat dengan jarak satu sama lainnya - 200 M, berasal dari aliran Way (sungai) Lalaan yang bermuara ke Teluk semangka . Obyek wisata air terjun Way Lalaan terletak di lembah kaki Gunung Tanggamus dengan jarak hanya 2 Km dari Pusat Pemerintahan Kabupaten Tanggamus atau 80 Km dari Kota Bandar Lampung.
                                      
                       https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgLmLzvv9RhizXT-RD6DN9rwJApX9Wn0zy-PCvQ73d5w0y35Yj4TvPOv6qa9RFU-M1FBgeyl_XAvbiaqqlgGRZ_Vg5EHd3HDMz1bszzmJ7gDhdh1De9ZZQaLq6mJAQ3mitJnS3h8RWS4BvL/s1600/way+lalaan1.jpg

Air terjun ini telah di kenal sejak Tahun 1937 yaitu zaman pemerintahan kolonia Belanda yang telah membuat tangga semen menuju lembah air tejun. Fasilitas yang tersedia yaitu shelter, kamar ganti pakaian dan pelataran Parkir.
Anda sudah bosan mengunjungi tempat wisata yang berada di tengah kota? Mungkin ini adalah salah satu alternatifnya.
Air terjun Way Lalaan merupakan sebuah air terjun yang berada di kabupaten Tanggamus, provinsi Lampung. Air terjun ini berjarak sekitar 80 km dari kota Bandar Lampung. Untuk mencapai air terjun tersebut, dibutuhkan waktu sekitar 3 jam perjalanan dari kota Bandar Lampung. Waktu yang tidak sebentar memang. Dalam perjalanan kita akan menyusuri gunung Tanggamus. Anda harus berhati-hati karena jalanan berkelok-kelok dan naik turun. Namun anda akan disuguhi pemandangan pepohonan hijau di sekitarnya.
Harga tiket masuk air terjun Way Lalaan tidak terlalu mahal, hanya sekitar Rp 5.000. Anda dapat memarkir kendaraan anda di tempat parkir yang telah tersedia. Kemudian perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki menuruni bukit. Anda harus menuruni banyak anak tangga untuk mencapai air terjun tersebut. Cukup melelahkan memang, namun semuanya terbayarkan oleh keindahan air terjun Way Lalaan. Airnya mengalir deras dan masih sangat jernih. Di sekitar air terjun anda juga disuguhi oleh pemandangan pegunungan dan pepohonan tinggi. Di sekitar air terjun terdapat beberapa pondok, untuk melepas lelah dan untuk bersantai bersama keluarga. Lalu di bawah bukit juga terdapat rerumputan yang sangat cocok untuk berpiknik.
Mungkin inilah salah satu objek wisata Lampung yang patut anda kunjungi. Biaya yang dibutuhkan tidaklah mahal, jauh dari kebisingan kota, udaranya sejuk, dan pemandangannya sangat indah. Semoga anda tertarik :)

Sumber :
http://visitlampung.net/index.php?option=com_content&view=article&id=70:air-terjun-way-lalaan&catid=36:tanggamus&Itemid=13
http://www.endra3aja.blogspot.com/2009/04/pesona-air-terjun-way-lalaan-tanggamus.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar